Ujian dan Callsign

Pada pertemuan di JI. Kramat Raya VIII tersebut Willy A. Karamoy terpilih sebagai Ketua PARD.

Di jajaran kepengurusan PARD, salah seorang diantaranya adalah Teddy Bravo (nama aslinya Marah Sandi Zein) yang membidangi teknik radio.

Lewat radio siaran yang ada sena melalui TVRI kemudian diumumkan bahwa bagi yang berminat untuk menjadi anggota diharapkan mendaftarkan din i di Biro Penerangan Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (BIPEN KAMI) Pusat, di Kramat Raya VIII.

Mematuhi anjuran tersebut, salah seorang di antara yang datang adalah Stanley lskandar, yang oleh Teddy Bravo diakui sebagai gurunya (Stanley lskandar adalah pemilik Kursus Tehnik Radio "STANLEY" di kawasan Pasar Baru).

Oleh Willy Karamoy, Stanley kemudian diserahi tugas sebagai staf upgrading station (stasiun pembinaan), serta ditunjuk sebagai Ketua Tim Penguji.

Dari dua kali ujian yang pertama diselenggarakan, terpilih em pat orang yang memiliki nilai tertinggi, salah satunya adalah Soetikno Boechari (yang kemudian terkenal sebagai Kak Tik, pengasuh acara Hasta Kaiya di TVRI).

Pada ujian yang ketiga kalinya, keempat orang ini yang menjadi tim penguji dan justru Stanley Iskandar termasuk yang harus mengikuti ujian (!)

Bagi mereka yang sudah lulus ujian diberikan tanda panggil atau CALLSIGN sebagai identitas diri mereka. Callsign diberikan berdasarkan wilayah tempat tinggal yang bersangkutan, seperti Soetikno Boechari mendapat callsign X6AM (angka 6 menunjukan wilayah Jakarta Selatan); Stanley Iskandar yang waktu itu tinggal di Sawahbesar mendapat callsign X8BT (angka 8 adalah "kode wilayah" untuk Jakarta Pusat).

Prefix X dipakai karena saat itu belum diketahui Prefix resmi apa yang harus dipakai, dan dipilih X karena semua waktu itu masih merupakan "misteri".

ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top