Radio Amatir di Zaman Hindia-Belanda

Sikap, rasa serta semangat kebangsaan yang mulai menguat di kalangan Boemipoetra di akhir dasawarsa 20an mendorong beberapa orang untuk merintis terbentuknya sebuah organisasi radio amatir bagi warga Boemipoetra.

Di tahun 1933 berdirilah NIVIRA (Nederlandsch Indische Vereniging Radio Amateur), yang merupakan organisasi radio amatir yang pertama bagi bangsa Indonesia.

Walaupun pada awalnya sebagian besar anggota NIVIRA adalah karyawan dan teknisi di lingkungan PIT, organisasi ini tidak menutup diri bagi masyarakat biasa yang bukan pegawai PTT.

Tercatat ada beberapa nama perintis kegiatan radio amatir di Indonesia yang pertama kali mendapatkan lisensinya di era NIVIRA ini, a.l. Rubin Kain PK1RK (terakhir YB1KW, SK 1981) di tahun 1932, dan B. Zulkarnain (kemudian YBOAU, SK 1984), yang mendapatkannya di tahun 1933.

Pada era itu call area 5 (yang sekarang merujuk daerah Sumatra Barat) dipakai di Borneo/Kalimantan, sedangkan call area 6 mencakup dari Sulawesi sampai Nieuw Guinea/ Papua, yang berarti mengcakup call areas 7, 8 dan 9 sekarang.

Hal lain yang menarik adalah dipakainya prefix JZ (yang pasca 1968 dipakai rekan-rekan RAPI/KRAP) di lingkungan radio amatir juga, disamping mayoritas yang menggunakan Prefix PK (dari PKA—POZ, yang merupakan alokasi prefix untuk Hindia Belanda (dan kemudian Indonesia sampai sekarang). Huruf P pada prefix tersebut menunjukkan "kaitan" dengan negeri Belanda (prefix PM—PIZ), seperti juga yang dipakai beberapa negara bekas koloni Belanda lainnya seperti Kep. Antilles (PJA—PJZ) dan Suriname (PZA—PYZ).

Usia NIVIRA cukup pendek, berdiri tahun 1933 sampai akhirnya harus ditutup tahun 1943 waktu bala tentara Jepang masuk. Namun demikian walaupun secara diam-diam pada era pasca Proklamasi beberapa orang penggiatnya kemudian muncul kembali, bahkan ada di antaranya yang ikut aktip dalam "membidani" kelahiran ORARI.

ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top